Translate

Kamis, 20 September 2018

Contoh Usaha Kreatif


BERJUALAN DONAT IMUT

A.      Latar Belakang
Melihat kondisi atau situasi pada lingkungan universitas pada umumnya memang banyak sekali peluang usaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa, salah satunya adalah dengan berjualan donat pada jam jam dimana para mahasiswa mungkin belum sempat untuk sarapan. Situasi seperti inilah yang membuat kelompok kami ingin memanfaatkan peluang ini untuk berjualan donat pada pagi hari di kawasan universitas terlepas juga dari tugas kewirausahaan yang wajib dijalankan.

B.      Modal
Modal berasal dari iuran kelompok.
Barang yang dijual yaitu donat, ada dua rasa, yaitu coklat dan keju.

C.      Srategi Pemasaran
Dalam melakukan kegiatan usaha tidak lepas dari sebuah starategi penjualan yang dilakukan agar bisa berhasil ataupun dapat  mengembangkan usaha dalam jangka waktu yang diharapakan serta diharapakan dapat mencapai tujuan dari usaha itu sendiri.
Srategi usaha yang baik adalah dengan melihat kondisi ataupun situasi dimana usaha itu akan dikembangkan dengan memperhatikan berbagai aspek lingkungan yang ada pula. Dengan startegi pemasaran yang tepat kelompok kami memulai usaha (berjualan) pada saat pagi hari yang memungkinkan mahasiswa yang belum sarapan dapat membeli dagangan kami itupun tergantung dengan mahasiswanya itu sendiri.

D.     Hasil dan Pembahasan
1.      Jenis yang terjual yaitu donat keju dan coklat.
2.      Analisis keuntungan.
Modal
30 X Rp 800,00                              = Rp 24.000,00
Harga jual
30 X Rp 1.000,00                           = Rp 30.000,00
Keuntungan
Rp 30.000,00 – Rp 24.000,00        = Rp 6.000,00
3.      Hambatan
Hambatan yang kami hadapi adalah sulit mengumpulkan kelompok.
E.      Penutup
Kesimpulan dari penjuan yang kami lakuakan adalah, penjualan dapat memberikan uang saku tambahan bagi mahasiswa. Dengan berjualan makanan di pagi hari di kampus juga dapat meyedikan makanan bagi mahasiswa yang belum sarapan di rumah.
F.       Lampiran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar