BERJUALAN DONAT IMUT
A.
Latar Belakang
Melihat
kondisi atau situasi pada lingkungan universitas pada umumnya memang banyak
sekali peluang usaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa, salah satunya adalah
dengan berjualan donat pada jam jam dimana para mahasiswa mungkin belum sempat
untuk sarapan. Situasi seperti inilah yang membuat kelompok kami ingin
memanfaatkan peluang ini untuk berjualan donat pada pagi hari di kawasan
universitas terlepas juga dari tugas kewirausahaan yang wajib dijalankan.
B.
Modal
Modal
berasal dari iuran kelompok.
Barang
yang dijual yaitu donat, ada dua rasa, yaitu coklat dan keju.
C.
Srategi Pemasaran
Dalam melakukan kegiatan usaha tidak lepas dari sebuah starategi
penjualan yang dilakukan agar bisa berhasil ataupun dapat mengembangkan usaha dalam jangka waktu yang
diharapakan serta diharapakan dapat mencapai tujuan dari usaha itu sendiri.
Srategi usaha yang baik adalah dengan melihat kondisi ataupun
situasi dimana usaha itu akan dikembangkan dengan memperhatikan berbagai aspek
lingkungan yang ada pula. Dengan startegi pemasaran yang tepat kelompok kami
memulai usaha (berjualan) pada saat pagi hari yang memungkinkan mahasiswa yang
belum sarapan dapat membeli dagangan kami itupun tergantung dengan mahasiswanya
itu sendiri.
D.
Hasil dan Pembahasan
1. Jenis yang terjual yaitu donat keju dan
coklat.
2. Analisis keuntungan.
Modal
30 X Rp
800,00 = Rp
24.000,00
Harga jual
30 X Rp
1.000,00 = Rp
30.000,00
Keuntungan
Rp 30.000,00
– Rp 24.000,00 = Rp 6.000,00
3. Hambatan
Hambatan yang kami hadapi adalah sulit
mengumpulkan kelompok.
E.
Penutup
Kesimpulan
dari penjuan yang kami lakuakan adalah, penjualan dapat memberikan uang saku
tambahan bagi mahasiswa. Dengan berjualan makanan di pagi hari di kampus juga
dapat meyedikan makanan bagi mahasiswa yang belum sarapan di rumah.
F.
Lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar